Barometer Pusat Furnitur Jepara

Kabupaten Jepara di Jawa Tengah dikenal sebagai daerah yang memproduksi furnitur berukir seperti kamar set jati. Tidak hanya secara nasional, produk furnitur ukir Jepara telah menjadi terkenal di luar negeri.

Di Jepara, Anda dapat menemukan pusat mebel berukir ini di Desa Senenan, di kecamatan Tahunan. Pusat furnitur Jepara ini terletak di Jalan KH Wahid Hasyim, yang berjarak sekitar 2 kilometer sebelum pusat kabupaten.

Desa ini ditandai dengan pintu yang bertuliskan Sentenan Ukir Senenan. Sekarang, ketika Anda berjalan melewati pintu, Anda akan segera menemukan deretan ruang pamer dan bengkel produksi yang dimiliki oleh pengrajin mebel. Di sini anda bisa melihat banyak produk furnitur Jepara seperti kursi set jati dan kamar set jati.

Di sepanjang Jalan KH Wahid Hasyim, sudah ada beberapa ruang pajang furnitur berukir. Tapi, jumlahnya tidak banyak. Di pusat ukiran Senenan ada sekitar 30 pengrajin dan puluhan ruang pamer furnitur. Didirikan sejak tahun 1970-an, pusat kerajinan furnitur Jepara ini terkenal di beberapa daerah di Indonesia.

Pemerintah daerah baru secara resmi membuka pusat ini pada tahun 2005. Di sini, Purwanto, pemilik toko Oval Jati yang membuat berbagai furnitur Jepara seperti set kayu jati. Purwanto menjadi salah satu pengrajin besar Senenan. Dia memiliki tiga ruang pameran dengan 45 karyawan.

Dalam sebulan, ia bisa menjual rata-rata 25 produk mebel berukir seperti kamar set jati dengan omset 100 juta rupiah. Keuntungan bersih yang didapatkannya adalah sekitar 30% dari tagihan. Sebagian besar biaya operasional digunakan untuk membayar gaji karyawan. “Untuk gaji karyawan hanya sekitar Rp 60 juta per bulan,” kata Purwanto.

Di ruang pamer, ia memamerkan berbagai produk furnitur Jepara berukir, seperti permadani, meja tamu, meja makan, dan kursi set jati. Harganya bervariasi mulai dari Rp. 1,5 juta hingga Rp. 35 juta. Harga ini ditentukan tidak hanya oleh diameter kayu yang akan diukir, tetapi juga oleh kompleksitas ukirannya.